RSS
Facebook
Twitter

Wednesday, February 27, 2013

Jatiluwih




Jatiluwih termasuk salah satu obyek wisata dengan panorama yang indah. Variasi panorama sawah berundak-undak dengan latar belakang gunung berhutan lebat, dapat dikategorikan obyek wisata alam yang sama menariknya dengan Kintamani dan Danau Batur. Jatiluwih memiliki hawa sejuk karena terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Selain potensi alamnya, Jatiluwih menyimpan pula potensi budaya terutama peristiwa sejarah pembangunan sebuah pura yang ada kaitannya dengan nama kekuasaan Raja Ida Dalem Waturenggong di Keraton Gelgel (1460-1551).

Obyek wisata Jatiluwih terletak 48 km dari Denpasar. Lokasinya 28 Km di bagian utara kota Tabanan. Obyek wisata Jatiluwih ramai dikunjungi para wisatawan nusantara dan mancanegara yang ingin menikmati hawa sejuk dan keindahan serta hamparan sawah yang berundak. Setiap 210 hari sekali yaitu pada hari Rabu Kliwon Ugu adalah hari upacara Petoyan yang menggelar juga tarian Wali Pendet yang bersifat sakral.

Jatiluwih sebagai obyek wisata alam sesungguhnya sudah dikenal sejak kekuasaan Belanda di Bali (1910-1942). Akan tetapi jalan yang menghubungkan ke obyek tersebut rusak maka tidak banyak wisatawan yang berkunjung kesana untuk menikmati panorama yang indah, sejuk dan menyegarkan. Kondisi tidak terpelihara ini berlangsung hingga tahun 1970 dan sesudah itu berkat bantuan dana pemerintah, pembangunan infrastruktur semakin mendapat perhatian. Ternyata jalan-jalan aspal yang telah dibangun itu dapat mengangkat nama Jatiluwih menjadi obyek wisata alam bagi para pengunjung. Selain menikmati keindahan kesejukan panorama alam pegunungan, Jatiluwih juga meyimpan atraksi upacara keagamaan yang unik setiap 210 hari sekali yaitu pada hari Wali, Petoyan, Patirtan, Rabu Kliwon Ugu. Pada upacara puncaknya dipentaskan juga tarian Wali Pendet yang sakral.


Referensi link: http://baliantiqueco.tripod.com/Wisata_Tabanan_Jatiluwih.htm

0 comments:

Post a Comment

  • Blogger news

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About