RSS
Facebook
Twitter

Friday, March 1, 2013

Taman Kupu Kupu




Bali sebagai daerah tropis memiliki beragam jenis flora dan fauna yang salah satunya adalah Kupu-kupu. Di Bali, tepatnya di Jalan Batukaru, Banjar Sandan lebah, Wanasari, Kabupaten Tabanan kini sudah tersedia taman wisata yang terdapat beraneka macam jenis kupu-kupu. Tidak hanya itu, Taman Kupu-kupu Bali juga memproduksi aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti : Bingkai isi kupu-kupu, Bingkai isi kumbang, gantungan kunci yang terbuat dari serangga, selipan pembatas buku, penindih kertas terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu dan aneka kerajinan lainnya yang bisa anda beli secara eceren atau grosiran dan harganya juga terjangaku. Jarak tempuh ke lokasi ini kira kira 27 km dari kota Denpasar dan lebih kurang 75 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bila menggunakan kendaraan bermotor.

Taman kupu-kupu merupakan salah satu obyek wisata yang favorit dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, sahabat ataupun pasangan tercinta saat berlibur ke Bali. Taman ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Di Taman ini dilakukan pengembangbiakan sekaligus penangkaran kupu-kupu guna keperluan ilmu pengetahuan ilmiah maupun pendidikan untuk masa yang akan datang. Berbagai jenis kupu-kupu yang ada di Indonesia terdapat disini, adapun jenis kupu-kupu yang terkenal antara lain; kupu-kupu sayap burung surga (Ornithoptera Paradisea), Barong, Priamus.

Taman Kupu Kupu dengan Luas area taman ini 1 Hektar, dengan netting area (ruangan yang tertutup Jaring) 3700 M3 dikelola oleh PT. Kupu-kupu Taman Lestari dan pembangunannya sudah direncanakan sejak bulan Oktober 1993 pasca penyelenggaraan Konfrensi Kupu kupu Se Dunia (International Butterfly Confrence) yang diadakan pada tanggal 24 – 27 Agustus 1993 di Ujung Pandang dan dibuka tanggal 17 Desember 1996 yang diresmikan oleh Ibu Asiawati Oka, Ketua Tim PKK Propinsi Bali. Setiap bulannya Taman Kupu-kupu melepaskan kupu-kupu minimal 3500 ekor untuk dikembalikan kehabitat aslinya. Di Taman ini, Selain kita bisa melihat koleksi kupu-kupu dari seluruh Indonesia, anak-anak juga bisa belajar tentang spesies kupu-kupu dan serangga yang menjadi koleksi di taman ini. Tidak salah kalau Wisata ini dijadikan alternatif ketika berlibur ke Bali.



Referensi link: http://www.wisatabaliaga.com/taman-kupu-kupu-bali/

0 comments:

Post a Comment

  • Blogger news

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About